PROGRAM KAMI


Sejak mandiri di tahun 2010, YDSF Malang mulai melakukan pembenahan di banyak sisi, diantaranya penguatan SDM, penguatan program, penguatan sistem, penguatan layanan serta penguatan jaringan.Oleh karenanya program-program YDSF Malang didesain sebagai program yang strategis, sustainable serta berbasis kebutuhan.

 

Keberhasilan pendidikan bukan hanya tanggungjawab pelaku pendidikan saja, tetapi keterlibatan masyarakat akan memberikan sumbangsih bagi pelaku pendidikan. Realita di masyarakat masih banyak jumlah anak-anak putus sekolah, sekolah di daerah pedesaan yang belum mendapat perhatian kelayakan fasilitas belajar mengajarnya, bahkan masih banyak guru-guru sekolah swasta yang mengandalkan gajinya dari dana BOS (Biaya Operasional Sekolah).

 

Program dan pemberdayaan bidang pendidikan YDSF Malang mempunyai tajuk bernama PERMATA (PEndidikan ceRdas Mandiri unTuk generasi bangsA), program ini bertujuan memberikan support bagi  sekolah dan pelaku pendidikan untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini.

 

Program PERMATA YDSF Malang meliputi:

1. Bagimu guru Permata

Program peningkatan kualitas dan kompetensi Guru dan Kepala Sekolah di pelosok desa sehingga mereka mampu bersaing dengan SDM Guru dan kepala Sekolah di perkotaan. Dengan demikian, diharapkan sekolah-sekolah yang ada di pelosok desa bisa maju dan memiliki daya saing yang tinggi.

 

2. Sekolah Mitra Permata

Program peningkatan mutu sekolah khususnya di pelosok desa agar sekolah mampu menjadi sekolah unggulan di daerahnya. Program sekolah mitra ini terdiri dari program peningkatan mutu guru dan kepala sekolah dalam bentuk pelatihan metodologi pengajaran, program peningkatan mutu siswa, program peningkatan sarana-prasarana sekolah, serta program renovasi sekolah.

 

3. Lembaga Mustahiq Pendidikan Permata

Memberikan bantuan sarana dan prasarana lembaga pendidikan sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.

 

4. Beasiswa Permata

Memberikan bantuan beasiswa pendidikan sehingga siswa tidak mampu dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya. Program ini juga dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada para siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik dari keluarga yang tidak mampu.

 

5. Kreasi (Komunitas remaja cerdas dan Islami)

Program pembinaan yang berkelanjutan melalui beberapa rangkaian program pembentukan karakter sehingga terwujud komunitas Remaja yang cerdas dan islami.



Permasalahan sosial kemanusiaan yang dihadapi oleh masyarakat sangatlah kompleks, mulai dari masalah kesehatan, biaya hidup, sampai bencana alam. Melalui Program Sosial Kemanusiaan, YDSF Malang berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya kaum dhuafa.
 

1. Ekonomi Mandiri

Program ini diperuntukkan untuk membantu masyarakat Malang Raya (dhuafa) agar mampu menciptakan usaha mandiri yang akan memberikan dampak secara ekonomi di keluarganya. Selama program ini berlangsung, masyarakat penerima bantuan ekonomi mandiri akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan dari tim yang memiliki pengalaman di bidangnya.

Aktifitas Program Ekonomi Mandiri:
a. Pelatihan usaha bagi keluarga dhuafa

b. Modal usaha keluarga Mandiri

c. Komunitas Usaha Mandiri Mitra YDSF Malang

 

2. Kemanusiaan

Rasa peduli kepada sesama masyarakat harus selalu kita tumbuhkan. Program kemanusiaan ini mengajak kepada donatur YDSF Malang untuk berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Aktifitas Program Kemanusiaan:

a. Bakti Sosial

b. Pembangunan kamar mandi umum

c. Pembuatan sarana air bersih

d. Peduli bencana alam

 

3. Layanan Kesehatan Sosial (LKS)

Program Layanan Kesehatan Sosial ini merupakan program peduli kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat Malang raya.

Aktifitas Program:

a. Pelayanan Kesehatan Umum

b. Pelayanan Kesehatan Gigi

 

4. Salur tebar hewan qurban

Program penyaluran hewan qurban untuk masyarakat pelosok desa di Malang Raya

 

5. Ambulan gratis*

Pelayanan mobil ambulan bagi pasien dhuafa di wilayah Malang Raya.

*Untuk luar Malang Raya ditetapkan biaya operasional.


Program Dakwah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat bisa memahami Islam secara benar.

Aktifitas Program Dakwah:

1. Konsultasi agama

Layanan konsultasi agama Islam bertujuan untuk menjawab permasalahan kehidupan sehari-hari menurut syariat Islam. Pertanyaan dapat disampaikan melalui sms, email dan website YDSF Malang.

 

2. Islamic Short Course (ISC)

Program kursus singkat ilmu-ilmu agama Islam yang dikemas secara praktis dan mudah dengan pembicara yang berkompeten di bidangnya. Materi yang diberikan seputar fqih, aqidah, sirah Nabawiyah dan akhlaq. Durasi waktu kursus adalah 6 bulan dengan pertemuan setiap pekan sebanyak 2 kali.

 

3. Waqaf Al-qur’an

Program waqaf Al-Qur’an adalah program pembagian Al-Qur'an dengan sasaran Musholla/Masjid, TPA/TPQ, Panti asuhan dan Sekolah Islam yang membutuhkan.

 

4. Program Da’i YDSF

Pengiriman da’i-da’i ke wilayah Malang Raya. Aktiftas yang dilakukan adalah membentuk majelis taklim, memberikan konsultasi agama bagi masyarakat, menjadi tokoh agama sekaligus menjadi mitra salur program YDSF Malang.


YDSF Malang melalui program ini akan memfokuskan agar Masjid/Musholla bisa berfungsi secara maksimal sebagai pusat aktiftas dakwah.

Aktifitas Program Masjid:
1. Layanan Masjid
Program layanan masjid ini mempunyai dua jenis layanan:

  • Bantuan pembangunan/renovasi/sarana prasarana masjid/musholla. Program layanan masjid ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas masjid/musholla dalam rangka syiar agama islam.
  • Pelatihan Manajemen Masjid, program pelayanan  memberikan pelatihan dalam pengelolaan Masjid sehingga menjadikan Masjid sebagai pusat peradaban Islam. Jenis pelatihan : pelatihan khotib, pelatihan perawatan jenazah, manajemen remas masjid/musholla


2. Masjid Mitra
Program ini merupakan kerjasama dengan masjid Ahmad Yani Malang dalam rangka membangun peradaban islam melalui masjid. Bentuk layanan masjid Mitra:

  • Bantuan sarana prasarana
  • Kerjasama Mobil Ambulans jenazah
  • Kajian Islam YDSF Malang
  • Kajian Kamis Malam YDSF Malang