Slide 1
Pendidikan


 
Sejak mandiri di tahun 2010, YDSF Malang mulai melakukan pembenahan di banyak sisi, diantaranya penguatan SDM, penguatan program, penguatan sistem, penguatan layanan serta penguatan jaringan.Oleh karenanya program-program YDSF Malang didesain sebagai program yang strategis, sustainable serta berbasis kebutuhan.
 
Keberhasilan pendidikan bukan hanya tanggungjawab pelaku pendidikan saja, tetapi keterlibatan masyarakat akan memberikan sumbangsih bagi pelaku pendidikan. Realita di masyarakat masih banyak jumlah anak-anak putus sekolah, sekolah di daerah pedesaan yang belum mendapat perhatian kelayakan fasilitas belajar mengajarnya, bahkan masih banyak guru-guru sekolah swasta yang mengandalkan gajinya dari dana BOS (Biaya Operasional Sekolah).
 
Program dan pemberdayaan bidang pendidikan YDSF Malang mempunyai tajuk bernama PERMATA (PEndidikan ceRdas Mandiri unTuk generasi bangsA), program ini bertujuan memberikan support bagi  sekolah dan pelaku pendidikan untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini.
 
Program PERMATA YDSF Malang meliputi:
1. Bagimu guru Permata
Program peningkatan kualitas dan kompetensi Guru dan Kepala Sekolah di pelosok desa sehingga mereka mampu bersaing dengan SDM Guru dan kepala Sekolah di perkotaan. Dengan demikian, diharapkan sekolah-sekolah yang ada di pelosok desa bisa maju dan memiliki daya saing yang tinggi.
 
2. Sekolah Mitra Permata
Program peningkatan mutu sekolah khususnya di pelosok desa agar sekolah mampu menjadi sekolah unggulan di daerahnya. Program sekolah mitra ini terdiri dari program peningkatan mutu guru dan kepala sekolah dalam bentuk pelatihan metodologi pengajaran, program peningkatan mutu siswa, program peningkatan sarana-prasarana sekolah, serta program renovasi sekolah.
 
3. Lembaga Mustahiq Pendidikan Permata
Memberikan bantuan sarana dan prasarana lembaga pendidikan sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
 
4. Beasiswa Permata
Memberikan bantuan beasiswa pendidikan sehingga siswa tidak mampu dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya. Program ini juga dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada para siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik dari keluarga yang tidak mampu.
 
5. Kreasi (Komunitas remaja cerdas dan Islami)
Program pembinaan yang berkelanjutan melalui beberapa rangkaian program pembentukan karakter sehingga terwujud komunitas Remaja yang cerdas dan islami.